Kepemimpinan Wirausaha di Era Digital Skip to main content

Digital Entrepreneurship

 Oleh: Mardyah Alviani Batubara “The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future.” Dua kalimat dari Jean Claude Juncker ini menggambarkan dengan jelas bahwa dunia saat ini, dan di masa depan akan selalu membutuhkan digital technology. Teknologi telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, dan sampai saat ini hampir semua kegiatan manusia tidak dapat dipisahkan dari kemudahan yang diberikan teknologi. Menurut data tahun 2020, dari 268 juta penduduk Indonesia, 150 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Secara keseluruhan, mereka yang sudah menggunakan internet ini juga sudah aktif mengakses dan menggunakan media sosial, dan 80% dari pengguna aktif media sosial ini mengakses media sosial dengan menggunakan smartphone. Pertumbuhan penggunaan smartphone ini bahkan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Saat ini smartphone bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki segelintir orang, nam...

Kepemimpinan Wirausaha di Era Digital

Oleh : Mardyah Alviani Batubara

Wirausaha digital (digital entrepreneurship), yaitu bidang kewirausahaan yang memanfaatkan pengaruh  perubahan digital yang beragam di dalam bisnis dan masyarakat. Secara istilah,  Digitalpreneur yaitu terdiri dari kata digital dan entrepreneur. Pengertian digital dalam arti luas adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan angka atau digit. Sedangkan pengertian digital dalam arti sempit yaitu suatu teknologi yang mana mempunyai output berupa angka. Digital sendiri merupakan lawan kata dari analog. Untuk analog menggunakan jarum sebagai penunjuk hasil. Sedangkan digital menggunakan analisis yang berupa angka dalam perhitungan ataupun penomoran. Tetapi pengertian digital dalam digitalpreneur mengarah pada dunia internet, Sementara arti dari entrepreneur atau wirausaha adalah seorang yang mempunyai keberanian besar untuk memanfaatkan peluang dan kreatifitas menjadi ladang usaha bisnis. Dari pengertian tersebut, entrepreneur merujuk pada profesi pedagang dan investor. Sedangkan untuk pengertian dari digitalpreneur adalah seorang yang melihat peluang bisnis di dalam dunia internet sebagai target pasar utama.

Tingginya pengangguran dan terbatasnya lowongan pekerjaan di Indonesia memaksa sobat dunia kampus* untuk berwirausaha, namun keterbatasan akan pengetahuan, keterampilan dan motivasi menjadi kendala utama. Generasi milenial sebagai generasi muda masa depan bangsa Indonesia perlu dilatih dan ditingkatkan kompetensinya sehingga teknologi yang menjadi konsumsi mereka dapat bermanfaat dan menghasilkan penghasilan bagi dirinya atau orang lain. Tujuan dari pelatihan digital entrepreneurship ini adalah sebagai pendidikan kewirausahaan berdasarkan teknologi yang sudah melekat pada mereka, yang merupakan salah satu aspek penting dan strategis untuk meningkatkan daya saing dan mengurangi pengangguran yang berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia.

Pelatihan kewirausahaan berusaha mewujudkan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya. Kewirausahaan perlu ditanamkan dan dikembangkan sejak masih muda, sejak masih duduk di bangku sekolah. Munculnya permasalahan saat ini adalah banyaknya pengangguran dan sulitnya mendapatkan pekerjaan, maka hasil yang diharapkan dengan pengetahuan kewirausahaan yang didapat dari pelatihan digital entrepreneurship ini akan menjadi modal kelak untuk membuka usaha sendiri sejak masih muda. Hasilnya pun sudah tampak dari sikap antusias mereka mengikuti pelatihan ini bahkan beberapa peserta sudah bisa membuat website usaha, mendaftar di market place dan berani mempromosikan produknya di media sosial.

Peluang dan tantangan bisnis di era modern ini antara lain meliputi perkembangan teknologi yang kian pesat, derasnya arus informasi, kompetitor semakin banyak, tuntutan serba cepat, masyarakat yang berubah, tuntutan terus menerus belajar, inovatif dalam menciptakan produk, berpikir out of the box, mampu bersaing secara sehat, transformasi digital, kecepatan, sumber daya manusia yang adaptif, persaingan semakin tinggi, dan kurangnya dukungan pemimpin. Sebagian besar aktivitas bisnis dilakukan melalui internet, mulai dari melakukan penawaran hingga penjualan. Tidak berbeda dari kewirausahaan lainnya, kewirausahaan digital memiliki prinsip-prinsip dasar kewirausahaan yang mamput diterapkan di dunia kewirausahaan digital ini, seperti: memunculkan buah pikir kewirausahaan, menganalisis peluang yang baik, terkait dengan para pelanggan, memenuhi syarat danketentuan yang legal, seraya berupaya untuk meningkat modal. Pada kewirausahaan  perubahan mendasar terrgantung pada langkah-langkah untuk aktif dalam kegiatan bisnis serta terhubung dengan masyarakat yang  mengetahui bidang digital. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.

Zaman sudah serba digital, sebagai wirausahawan harus ikut memiliki kompetensi yang bagus dalam dunia digital agar mampu bersaing mengkuti perkembangan digital yang pesat. Setidaknya ada beberapa kompetensi yang mesti dimiliki. Yang pertama, seorang wirausahawan digital  harus bisa mengelola sosial medianya dengan baik. Karena media sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya. Terutama untuk para wirausahawan dapat membangun personal branding dan sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

Selain itu, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia digital. Salah satu media digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan adalah dengan menggunakan website. Website dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap mengenai bisnis yang dikerjaan serta memberikan info-info terbaru secara cepat. Hal inilah yang mendorong banyaknya perusahaan digital agency yang menawarkan web design untuk memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin membuat profil perusahaan melalui website. Untuk itu pengusaha harus memiliki skill untuk bisa mengelola website perusahaannya atau bisa menggunakan jasa Agency yang menawarkan web design kini sudah semakin banyak terutama di ibukota Jakarta.

Seorang wirausahawan digital harus memiliki perencanaan yang baik. Para pebisnis atau pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan menganalisa rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi. Komptensi lain yang harus dimiliki dalam dunia era informasi yang serba cepat, singkat dan instan ini yaitu para wirausahawan dibuat bingung untuk menyampaikan iklan. Mereka dituntut untuk menyampaikan keterangan produk maupun jasa dalam bentuk yang singkat, padat, namun jelas dan gamblang. Kini video adalah jawabannya. Keuntungan menggunakan video marketing terbukti sangat tepat sebagai solusi semuanya.Apalagi konten video sangat mudah diakses dari perangkat manapun. Sehingga konten video yang tepat dan cerdas akan sangat berguna untuk meningkatkan pemasaran produk Anda.

Bagi wirausahawan digital harus memiliki kemampuan untuk ini, tidak harus menggunakan tools yang mahal. Untuk pengusaha yang baru merintis bisnisnya, bisa menggunakan smartphone untuk membuat dan edit video, serta untuk memfoto produknya. Dikarenakan smartphone sekarang sudah dilengkap dengan tools yang lumayan lengkap juga, atau bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk mengedit video dan foto yang dihasilkan.

Berhubungan dengan pemasaran, wirausahawan disarankan untuk memiliki kemampuan mebuat  tulisan (copy writing), seperti membuat tulisan mengenai produknya, supaya banyak konsumen yang mengenal dan membeli produknya. Teknik menulis ini lebih dikenal dengan istilah copy writing, suatu teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain untuk membuat mereka, bukan hanya  ‘ingin’ membeli,  tetapi ‘harus’ membeli.

Jika perusahaan sudah mulai berkembang pesat, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengatur keuangan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi para pengusaha dapat dengan cepat dan akurat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dan dapat dengan mudah mengambil keputusan yang berhubungan dengan keberlangsungan hidup perusahaan kedepannya. Sehingga para pemilik usaha punya lebih banyak waktu untuk berinovasi, mengembangkan dan memasarkan produk untuk kemajuan perusahaan.

*https://www.duniakampus40.net/

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Digital Entrepreneurship

 Oleh: Mardyah Alviani Batubara “The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future.” Dua kalimat dari Jean Claude Juncker ini menggambarkan dengan jelas bahwa dunia saat ini, dan di masa depan akan selalu membutuhkan digital technology. Teknologi telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, dan sampai saat ini hampir semua kegiatan manusia tidak dapat dipisahkan dari kemudahan yang diberikan teknologi. Menurut data tahun 2020, dari 268 juta penduduk Indonesia, 150 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Secara keseluruhan, mereka yang sudah menggunakan internet ini juga sudah aktif mengakses dan menggunakan media sosial, dan 80% dari pengguna aktif media sosial ini mengakses media sosial dengan menggunakan smartphone. Pertumbuhan penggunaan smartphone ini bahkan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Saat ini smartphone bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki segelintir orang, nam...

Membuat Poster Menggunakan Microsoft Word

 Oleh : Mardyah Alviani Batubara Sobat dunia kampus* pasti sering kali mendapatkan tugas yang berhubungan dengan Microsoft Word.  Fungsi utama Microsoft Word sendiri adalah untuk mengolah kata, sehingga semua pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan kata dapat dikerjakan secara mudah dengan bantuan program ini. Tapi selain untuk mengolah kata,surat menyurat,dan membuat dokumen ternyata microsoft juga dapat digunakan untuk membuat desain,dan edit foto. Apabila sobat dunia kampus* ingin membuat desain,atau poster, dengan menggunakan Microsoft sobat dunia kampus* tidak perlu mendownload atau membeli applikasi lagi, selain itu pembuatan nya juga lebih mudah,dan hasil nya juga tidak mengecewakan. Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu dilewati untuk membuat desain menggunakan Microsoft Word : Mengetahui Tema Desain Sebelum mulai mendesain di lembar microsoft word, sobat dunia kampus* terlebih dulu diharapkan sudah mengetahui tema desain yang akan dibuat untuk memudahkan sobat du...